Tuesday, August 2, 2011

HONGDAE (홍대) Tempat Gaul di Korea

Jang Geun Suk - Moon Geun Young dan kru syuting Marry me Marry @Hongdae

Saat ini drama yg dibintangi Jang Geun Suk,Marry Sayed Out All Night (MSOAN) sedang diputar di Indosiar. 

*Sayang banget jam tayangnya tak memungkinkan orang kantoran (macam saya) untuk nonton. Drama ini penuh senyum manis Sukkie, lagu nya keren kerennn… daaan di drama ini , Sukkie menunjukkan kualitasnya sebagai ‘good kisser’.. ^o^ seriyuss!! Mupeng abisss..

Nah, yang udah liat  pasti tau dong grup band indie Kang Mu Gyul (sukkie-cast) punya teritori manggung di daerah HONGDAE. Hampir seluruh adegan di MSOAN berseting di sini. Bahkan beberapa scene bener-bener di shoot di Hongdae. 

Gerbang masuk area universitas Hongik (atas) dan  Sudut hongdae yg dipenuhi fans Jang Geun Suk yg akan preskon produk Codes Combine yg diwakilinya


Hongdae, adalah sebutan untuk area yg berada disekitar (diseberang pagar) Universitas Hongik, Seoul. Nama Hongdae merupakan singkatan dari Hongik Daehakgyo. Jika dilihat dari Sungai Han yang membelah Korea, melintasi Seoul,  Hongdae berada disebelah utara. 

Dahulu, pusat gaulnya masyarakat Seoul ada di daerah Kangnam –sebelah selatan sungai Han. Tapi beberapa tahun terkhir, Hongdae jauh lebih ngetop. Atmosfir berbeda disuguhkan di dua daerah ini. Kangnam dengan deretan butik, café, nightclub yang bercitarasa muda-trendy-gaul-mahal.

Cafe & Restodi Hongdae : Cafe Chocolate Mobssie - Cafe Hello Kitty - Resto Italian Food Agio-slow food


Sedangkan Hongdae sebaliknya. Banyak band Indie yang bisa ditemui di Hongdae , yah karena begitu banyak café/club di Hongdae yg memberikan kesempatan bagi band/pemusik pemula untuk tampil. Ga heran klo lokasi ini dipilih MU Gyul & gang-band nya.  Karena suasana yang ‘ga kapitalis – nge grunge –hippies- supersantai – murah - ala anak muda’ akhirnya Hongdae mampu menarik begitu banyak minat anak-anak muda Seoul. Menjadi ikon gaul dan menjadi tujuan wajib turisme di Korea.

Di Hongdae banyak ditemui "street performance" dari para seniman jalanan. Dan setiap bulan, di Hongdae diadakan acara " The Hongdae Club Day". Event yg berlangsung di tiap jumat minggu terakhir ini begitu terkenal di korea. (Seperti PRJ tahunan di Jakarta...gt deh).

Untuk masuk di festival ini, musti mengeluarkan dana 15ribu won (sekitar Rp 150ribu) dan pengunjung  akan memperoleh tiket terusan ke 14 club di Hongdae (Tiket berbentuk gelang penanda tiket)  plus seporsi minuman dia tiap club nya. Saat festival ini berlangsung,  Hongdae menjelma menjadi tempat ngedance dan menikmati music performance yang meriah, tentu dengan tetap mempertahankan citra indie-nya.

Bila berkunjung ke hongdae pada saat festival, area ini menjadi sesak, dipenuhi masyarakat muda dari berbagai area di seoul. Seperti gula yg menarik semut. Persis situasinya spt di scene MSOAN episode awal ‘car accident-concert’,  ribuan manusia ‘from all walk of life” bergerombol di  trotoar , taman, café, club di Hongdae.

Suasana Hongdae street di siang hari (atas), malam hari (tengah) dan Mural di sepanjang jalan (bawah)


Berikut 4 tips “maen di hongdae yang baik , benar dan irit “ yg berhasil dicontek-dikumpulin  dari berbagai situs (secara saya belum pernah nginjek daerah ini..hehehe..)

1. Kalo haus, cari lah minimart . Beli minumnya disini aja. Lebih banyak pilihan dan lebih murah dibanding beli di club/café. (Lebih irit lagi kalo bawa dari tanah air..hahaha)

2. Kalo laper, mampirlah di kaki lima  disekitar hongdae (yup betull, di korea ada kali lima, inget deh BBF si JunPyo demen banget maem otak-otak ikan di kaki lima). Kaki lima di korea gerobaknya gaul, makanannya ditata dengan baik-bersih. Biasanya jual Rice cake pedes (tteokbokgi),  fish cake (eodang).

*Ga ada yg jual pecel  lele...Jadi kamu-kamu  yg demen banget makan ikan kumis ini , mungkin bakal repot kalo nyari pecel  lele disini..wkwkwk

3. Kalo mau cari souvenir, jangan lupa mampir di Pasar Kaget Ala Hongdae. Pasar Kaget, soalnya adanya  hanya  saat festival berlangsung.  Disini bisa ditemui  berbagai pernak-pernik lucu, baju dan berbagai hal yang cocok banget buat maen di hongdae. Tentu saja bisa ditawar. Tapi ga bisa di tempo, harus bayar saat itu juga. 

*Buat kamu yg suka beli barang secara kredit via credit card. Yah  ga mungkin begitu disini. Buang pikiran itu jauh-jauh.  Ga bisa pake credit card disini.

4. Jangan lupa bawa kamera. Banyak hal unik yg pasti membuat bahagia para penyuka fotografi. Selain itu , juga sebagai bukti otentik pernah maen di Hongdae. 

*Kan keren  tuh klo fotonya di pajang di FB, saya udah membayangkan judul posting nya  “Menggauli Hongdae : Center of Youth Life in Korea “hehehe..narsis sudah  menjadi burburs..

Seleb juga sering berkliaran di Hongdae , tentu saja , akhirnya menimbulkan kegemparan bagi fans yg memergoki mereka :  JYJ (atas), Jung Il Woo (Tengah), CNBLUe yg mengadakan konser gratis di Hongdae (Tengah), Seungri-Bigbang (bawah).

@__@

cr pict: open library

2 comments: