Thursday, July 14, 2011

Resep Bikin Hit-Track di Abad Internet.


Coba perhatikan, apa kesamaan yg dimiliki lagu-lagu yg ngehit saat ini?. Image artis yg “menakjubkan”, Musik yg “ear-catching”, Syair yg mudah diingat…hmm…apalagi?

2PM- "Hands Up" Album, tops the chart in South Korea
 
Menurut  analisa para praktisi music di acara “This Morning” nya MBC, factor yg kini menentukan suatu lagu untuk menjadi hits adalah apakah lagu itu memenuhi factor “30 second rule”. Yaitu l agu memiliki musik instrumental pembuka yang singkat  dan harus memiliki sesuatu yg mampu menarik perhatian dalam 30 detik awal.

Di jaman internet, strategi pemasaran juga berkembang secara online. Saat ini lebih banyak masyarakat memilih dengan melakukan browsing inet  terlebih dulu. Seorang kritikus musik menjelaskan “ Karena preview lagu via inet dibatasi hanya 30 detik awal lagu, maka musik instrumental pembuka menjadi lebih singkat” .

Tapi juga tak berarti, menghilangkan music pembuka dan meloncat langsung ke syair mampu menjadikan sebuah lagu menjadi hits, namun cukup menarik bagaimana teknologi ternyata memiliki efek signifikan dalam proses penciptaan lagu.

Di acara ini contoh lagu yg dibahas, diantaranya “Hands Up”(2PM), “Hot Summer” (Secret), “Starlight” (Moonlight) dan “One More Time” (Dana & Sunday – CSJH)


cr: Allkpop
 .

No comments:

Post a Comment